Wednesday, April 11, 2018

Permulaan

Dear diary, hari ini adalah hari pertunanganku. Pestanya diadakan sederhana saja. Hanya memesan beberapa meja untuk keluarga dekat dan relasi dekat saja. Aku memang sengaja untuk mengadakan pesta kecil-kecilan. Bukan karena pelit, tapi memang aku tak suka menghamburkan uang yang dengan susah payah kudapatkan. Kau harus tahu bagaimana sulitnya mencari uang sendiri. Ayahku sudah tiada sejak aku SMA dan ibuku hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa yang tak bisa menyokong kehidupanku. Oleh sebab itu, untuk menghidupi diriku sehari-hari, aku coba kerja part time di sana sini karena aku tak berani meminta uang pada ibuku yang sudah tak mendapat penghasilan lagi.
Diary, kau tentu masih ingat kan ceritaku saat aku memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Yah, saat itu memang aku sudah bertekad untuk cari kerja saja selepas SMA karena aku pun sadar diri bahwa ibuku tak akan mampu untuk membiayai kuliahku. Namun dengan dukungan dari sahabatku agar aku menjadi wanita yang pintar dan bisa menyelesaikan kuliah, akhirnya aku memberanikan diri untuk meminta uang dari ibuku untuk membiayai kuliah. Memang kasih ibu sepanjang masa, ibuku pun akhirnya menjual emas simpanannya yang bisa untuk menghidupi kehidupan masa tuanya agar aku bisa kuliah. Sebagai gantinya aku pun bertekad untuk cepat lulus kuliah dan membalas jasa ibuku. Bahkan saat kuliah pun aku masih tetap bekerja part time untuk menambah uang jajan. Karena ibuku memang hanya bisa membiayai pendidikanku, tidak dengan uang jajanku.
Ah tak terasa sebentar lagi aku akan memulai kehidupan baru bersama calon suamiku. Aku akan hidup bersama dengannya dan pindah ke rumahnya di luar kota. Aku pun akan berpisah dengan ibuku, meninggalkan dirinya di rumah masa kecilku dan segala macam kenanganku di sana. Sedih sih pasti. Tapi aku tetap harus melangkah karena aku dilahirkan sebagai seorang wanita, yang kodratnya akan dibawa oleh laki-laki. Jadi mau tak mau aku harus pergi meninggalkan ibuku untuk ikut bersama suamiku kelak.

Tuesday, April 10, 2018

Tingkat Dua di ITB - Ospek Jurusan Teknik Industri

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) ini aku alami dua kali selama menjadi mahasiswa. Pertama kali itu saat aku resmi menjadi mahasiswa ITB dan yang kedua kalinya saat resmi jadi mahasiswa Teknik Industri (TI). Cerita ospek gabungan saat tingkat satu bisa dibaca di sini. Sedangkan ospek jurusan (osjur) yang aku alami akan kuceritakan di pos kali ini.

2011 saat osjur dengan seragam wajibnya

Friday, April 6, 2018

Tingkat Dua di ITB - Aku Masuk Teknik Industri

Semester 2 berakhir menandakan libur panjang selama tiga bulan akan datang! Hore!!!!! Eits, di samping itu, nilai IPK tingkat satu pun muncul di situs ol.akademik.itb.ac.id. Nah di situ juga kita akan mengetahui jurusan kita nanti di semester 3. Kita juga bisa jadi akan berpisah dengan teman-teman sekelas dulu di tingkat satu dan akan memulai lembaran kehidupan baru menjadi mahasiswa tingkat dua. FYI, di FTI 2011 itu terbagi menjadi lima kelas karena saking banyaknya maba yang masuk FTI. Nama kelasnya FTI-A, B, C, D, dan E. Aku termasuk ke dalam kelas FTI-C. Jadi sejujurnya aku tak kenal seluruh anak FTI, kalau anak FTI-C puji Tuhan aku tahu lah nama dan mukanya karena dulu sempat ikutan makrab FTI-C di villa Lembang. Dari situ kami sekelas jadi saling kenal dan makin akrab :" Sedih rasanya pisah sama mereka. Anak-anak FTI-C pun berinisiatif untuk membuat kenang-kenangan foto kelas gitu. Jadilah kita sekelas pergi ke Jonas Banda buat foto kelas.

Wednesday, April 4, 2018

Tingkat Satu di ITB - OHU dan UKM

Lanjut cerita tingkat satu di ITB-nya. Setelah sebelumnya cerita tentang apa itu TPB dan ospek gabungan saat pertama kali resmi jadi mahasiswa ITB, sekarang aku mau cerita tentang unit yang aku ikuti di ITB dan apa itu OHU. Yuk-yuk disimak.

Hari Sabtu, 6 Agustus 2011 adalah hari saat OHU berlangsung. Apa sih OHU? OHU itu singkatan dari Open House Unit. Namanya juga open house, jadi semua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITB ini membuka stand untuk mempromosikan unitnya. Suasana saat OHU tuh udah seperti bazaar. Mahasiswa baru (maba) bisa mampir ke stand unit yang diingininya dan mendaftar agar bisa menjadi anggotanya. Daftar UKM yang ada di ITB bisa lihat di sini nih. Mana tahu ada anak maba yang lagi mampir ke blogku dan penasaran sama UKM yang ada di ITB itu apa saja. Jadi si maba bisa curi start nih buat milih mau masuk UKM apa. Hihi.

Saat itu aku termasuk maba yang daftar ke banyak unit. Maruk banget ga sih gw?! Aku daftar ke unit KSEP - Ekonomi, ATLAS - Atletik, dan U-GREEN - Lingkungan deh. FYI, ketika resmi menjadi mahasiswa ITB, kalian pun akan otomatis masuk menjadi anggota di unit agama. Karena aku ini beragama Kristen, jadi otomatis aku masuk di unit Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) ITB. Nah karena sudah terdaftar, jadi total ada 4 unit yang ingin aku ikuti.

Setelah selesai daftar-daftar itu, esokannya kita akan dihubungi melalui SMS (jaman itu WA masih belom banyak dipakai, paling sering pakai BBM) ke nomor hp yang kita cantumkan saat daftar pas OHU itu. Nah SMS itu berisi pemberitahuan untuk berkumpul pertama kali. Karena aku daftar ke 4 unit, jadinya ada unit yang tak bisa kudatangi. Habis jadwalnya bentrok. Tapi aku sempat mencoba hadir di semua unit yang aku datangi itu. Setelah itu aku jadi memilih untuk ikut KSEP, ATLAS, dan PMK saja. Kalau dipikir-pikir, kenapa aku tidak ikut unit kesenian ya. Hmmm.

Karena aku tergabung di KSEP, ATLAS, dan PMK. Jadi aku mau ceritain pengalamanku berunit di tiga unit itu ya...

Tuesday, April 3, 2018

Tingkat Satu di ITB - PROKM 2011

Lanjutan dari pos Tingkat Satu di ITB kemarin. Sesuai janjiku, aku mau berbagi cerita tentang UKM dan OSKM. Aku mau klarifikasi sedikit, pada jamanku (2011), OSKM itu disebutnya PROKM. PROKM ini singakatan dari Pengenalan Ruang dan Orientasi Keluarga Mahasiswa (sepertinya ini singkatannya. haha), sedangkan OSKM sendiri singkatan dari Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa. Nama OSKM sendiri baru muncul saat 2012. Jadi bisa keliatan deh tuh mana mahasiswa angkatan tuir dan mana yang baru dari nama ospek yang diikutinya. (≧▽≦)

Sebelum bahas tentang UKM, tentunya diawali dengan PROKM 2011 dulu yah. Gini nih ceritanya~